Pertemuan ke 13
Resume pertemuan ke 13
Dalam
sebuah pendidikan ada tujuan yang harus dicapai. Sebuah pembelajaran diatur
oleh tujuan Negara, lembaga materi dan materi ajar. Antara tujuan Negara,
lembaga dan materi ajar harus saling berkaitan. Pendidikan adalah pembelajaran,
pengetahuan, keterampilan dan kebiasaan sekolompok orang yang diturunkan dari
satu generasi berikutnya. Melalui sebuah pengajaran, pelatihan atau
penelitian. Pendidikan biasanya terjadi
di bawah bimbingan orang lain, tetapi juga memungkinkan secara otodidak. Setiap
pengalaman yang dimiliki oleh seseorang memiliki efek formatif pada cara
seseorang berfikir, merasa, atau sebuah tindakan dapat dianggap pendidikan.
Setiap pengalaman yang memiliki efek formatif pada cara orang berpikir, merasa,
atau tindakan dapat dianggap pendidikan. Pendidikan umumnya dibagi menjadi
tahap seperti prasekolah, sekolah dasar, sekolah menengah dan kemudian
perguruan tinggi, universitas atau magang. Pendidikan biasanya berawal saat
seorang bayi itu dilahirkan dan berlangsung seumur hidup. Pendidikan bisa saja
berawal dari sebelum bayi lahir seperti yang dilakukan oleh banyak orang dengan
memainkan musik dan membaca kepada bayi dalam kandungan dengan harapan ia bisa
mengajar bayi mereka sebelum kelahiran.
Tujuan
pendidikan kementrian pendidikan nasional yaitu : “Undang-Undang Nomor 20 tahun
2003 tentang system pendidikan Naasional, Pasal 3, tujuan pendidikan nasional
adalah mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman
dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu,
cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga Negara yang demokratis serta
bertanggung jawab”.
Dalam
pembelajaran yang dilakukan disekolah harus ada Kompetensi yaitu kompetensi dasar, kompetensi inti dan
standar kompetensi. Kompetensi dasar. Kompetensi Dasar dijabarkan dari Standar
Kompetensi, Kompetensi Inti dijabarkan dari kompetensi dasar, dan standar
kompetensi yaitu siswa mampu melakukan
sesuatu. Kompetensi merupakan janji guru pada saat mengajar. Kurikulum Inti,
Standar Kompetensi, dan Kompetensi inti tidak bisa diubah.
Pembelajaran
yang biasanya di aplikasikan pada sekolah Taman Kanak-kanak yaitu :
Materi
: mengenal jenis-jenis warna
premier
Metode : eksperimen
Evaluasi : anak mampu mengenal jenis warna
Sumber : sumber biasanya berupa rujukan
sumber :
Komentar
Posting Komentar