Seni Mozaik Untuk Anak Usia Dini




SENI MOZAIK UNTUK ANAK USIA DUNIA

                 Mozaik dalah gambar yang dibuat dari potongan bahan seperti kertas, kain, biji-bijian dana lain-lain yang dapat diatur. Mozaik adalah karya seni rupa yang memanfaatkan kertas origami, kertas Koran, kertas majalah, yang disusun dan di tempelkan dengan menggunakan lem. Dalam pembelajaran anak usia dini kita dapat mengajak anak untuk belajar menyusun sebuah kertas yang mengikuti pola yang ada, dalam kegiatan mozaik ini anak akan belajar melatih kesabarannya dalam menempelkan potongan-potongan kertas satu persatu, anak juga belajar mengkoordinasikan mata dan tangannya.
                 Dalam seni mozaik anak akan berfikir divergen yaitu anak akan memunculkan sebuah tanggapan dan gagasan yang belum pernah dijumpai. Anak akan memiliki rasa ingin tahu yang kuat sehingga anak akan bertanya kepada gurunya, kemudian anak akan mencoba membuatnya dan anak akan menguji coba sesuatu seperti apa yang dilihatnya. Anak akan berpikir metaforik yaitu anak akan mamapu menghasilakn atau mengolah sesuatu menjadi suatu hal yang baru. Jadi kegiatan seni rupa seperti mozaik ini bisa di aplikasikan pada anak usia dini untuk melatih kosentrasi anak, kesabaran anak dan ketelitian dalam menyusun sebuah potongan kertas yang membentuk sebuah pola dasar.
Berikut Beberapa bahan yang digunakan dalam kegiatan mozaik yaitu :
Alat dana bahan :
·         Kertas gambar
·         Lem
·         Gunting
·         Pembolong kertas
·         Kertas origami
·         Kertas Koran
·         Kertas majalah
Cara mengerjaknnya :
1.    Ajak anak untuk menyiapkan sebuah kertas gambar yang sudah berisi pola
2.    Instruksikan kepada anak untuk memotong dengan pembolong kertas atau menggunting kertas origami, kertas Koran dan kertas majalah.
3.    Lalu instruksikan kepada  anak untuk menempelkan satu persatu kertas yang di potong utuk memenuhi pola yang ada. Sehingga akan terbentuk sebuah karakter yang ada pada pola.
4.    Dan jadilah seperti gambar di bawah ini
Contoh gambar :


alat-alat yang di butuhkan


gambar setengah jadi yang sudah di tempel potongan kertas origami




 
gambar mozaik yang sudah terisi penuh dengan potongan kertas origami

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Model Pembelajaran Klasikal dan Individual

Kolase dan Montase Untuk Ana

Cetak Datar, Tinggi, Saring/Sablon, Kayu